Sabtu, 01 Oktober 2016

Kajian Islam Kontemporer

Kajian Islam Kontemporer
Oleh : Ustadz Musholi
Agama Islam adalah agama yang tinggi. Menurut Ustadz Musholi, pikiran itu seperti parasut, “minds are like parachutes, they only function when open”. Bagaimana seseorang berfikir menyikapi masalah kehidupan, maka akan menentukan masalahnya. Dalam bertindak kita harus melakukannya karena keikhlasan kepada yang di langit, dan ketulusan kepada yang dibumi.
            Membangun 4 sifat dasar:
1.         Rendah hati
2.         Objektif
3.         Open mind
4.         Moderat
Cara kita memperbaiki diri adalah dengan mengakui orang lain. Agama itu tidak hanya mengenai masjid dan majelis taklim. Agama Islam itu memberi kemudahan, bukan kesulitan. Jika terjadi kesenjangan islam, itu merupakan perilaku penganutnya. Karena Allah mewajibkan manusia untuk berperilaku ihsan. Dalam islam, keburukan di balas dengan kebaikan, bukan dengan emosi dan balas dendam.
Beragama itu tidak berarti memendekkan sumbu. “berIslam-lah seperti Islamnya Muhammad, bukan Islam ala egomu. Jangan hanya berislam, tapi menghilangkan Muhammad ”.
Keagungan Akhlaq Rasulullah.
Rasulullah meringkas isi kepribadiannya dengan ungkapan : “ pengetahuan adalah modalku, akal adalah dasar agamaku. Dan cinta kasih adalah aliran filasafatku. Ingat kepada Allah adalah temanku. Apapun kepribadian adalah kawanku. Kesabaran adalah busanaku, ilmu adalah senjataku. Berjihad adalah perangaiku dan sholat itulah penawar hatiku.” Sifat keagungan Rasulullah ini termuat dalam QS. Al- Qalam ayat 4.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar